Rabu, 15 Mei 2013

Pemanfaatan teknologi Komputer


1. Bidang penerbangan
Komputer digunakan untuk mengatur kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengendalikan panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Computer juga digunakan untuk mengendalikan pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet.

2. Bidang astronomi
Pemanfaatan software seperti google earth menampilkan seluruh permukaan bumi, hal ini memudahkan kita dalam mempelajari keadaan suatu wilayah. Selain software untuk menampilkan permukaan bumi juga banyak software yang merujuk ke luar angkasa seperti NASA World Wind yang menyangkut tentang tata surya, CNebulax yang sangat cocok bagi para peminat astronomi yang sangat serius mendalami ilmu perbintangan. 

3. Bidang Olahraga
Manfaat komputer di bidang ini beragam mulai dari peralatan olahraga yang berbasis komputerisasi, pengobatan, biomechanic, dan simulasi olahraga. Selain itu, pemanfaatan internet juga dapat dilakukan untuk penyebaran informasi olahraga seperti sepak bola, basket, dll.

4. Bidang Sosial budaya
Manfaat komputer di bidang ini sangat beragam, mulai dari sebagai alat bantu menulis, membaca, menggambar, mengedit foto, mengolah dan menganalisis data hasil penelitian.

5. Bidang Pemerintahan
Untuk bidang pemerintahan, internet hadir dengan istilah e-government. Dengan adanya e-government, pemerintah dapat dengan mudah memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat secara maksimal dan juga dapat dipergunakan untuk saling mempererat hubungan pemerintahan antar suatu negara.

6. Bidang Keagamaan
Internet dapat digunakan untuk sarana diskusi, konsultasi, tanya jawab masalah agama, berbagi ilmu agama, dan lain sebagainya.

Dampak Negatif

  1. Menyebabkan pengangguran, karena beban pekerjaan semakin berkurang dengan adanya komputer.
  2. Kemungkinan terjadinya penyalahgunaan data untuk kepentingan pribadi. Kemudahan pengelolaan informasi dalam bentuk pangkalan data memberi peluang untuk memindahkan data yang tadinya milik pribadi atau rahasia dapat diakses oleh orang lain.
  3. Perlindungan terhadap hak cipta seseorang sulit diwujudkan. Sebuah karya atau kumpulan data dapat dengan mudah dikopi dan dimiliki oleh orang lain tanpa seizin pemilik informasi tersebut.
  4. Ketergantungan pada komputer menimbulkan kelemahan bila listrik mati atau komputer terserang virus, maka data tidak dapat diakses.
  5. Ketidakmampuan sumber daya manusia dalam menguasai teknologi dapat menimbulkan kendala dan memunculkan anggapan bahwa teknologi justru menghambat pekerjaan.