Selasa, 21 Mei 2013

Kabaena, Surga wisata Kabupaten Bombana

Potensi wisata di Kabupaten Bombana khususnya Kabaena sebenarnya tak kalah dengan daerah-daerah lain di Sultra. Yang menjadi jualan untuk menarik wisatawan lokal atau asing adalah wisata Gunung Tangkeno. Bupati Bombana, H, Tafdil, resmi mencanangkan wisata gunung di Desa Tangkeno dengan gelar "Surga di atas Awan" yang terletak di Kecamatan Kabaena Tengah sebagai desa wisata pada Kamis, 16 Mei 2013.

Penetepan Desa Tangkeno sebagai surga di atas awan. Menurut Bupati Bombana, Tangkeno memiliki hawa sejuk yang terletak di lereng gunung yang selalu diselimuti awan tipis. Selain itu, Tangkeno merupakan desa yang berada di jantung pulau Kabaena yang menyuguhkan panorama alam indah dan eksotik. Tak hanya itu, daerah ini juga memiliki cuaca yang sejuk dan meneduhkan karena terletak di lereng gunung kembar batu sangia.
   
Kelebihan lain yang dimiliki Desa Tangkeno karena juga menyimpan situs peninggalan sejarah masa lampau seperti benteng pertahanan kerajaan. Desa ini, juga merupakan pusat peradaban masyarakat Moronene Thukotu'a. Sebelum desa Tangkeno ditetapkan sebagai wisata "Surga di Atas Awan", Pemkab Bombana telah melakukan analisa dan studi kelayakan menyangkut potensi serta kompetensi.

Sumber : kendarinews.com