Rabu, 27 Maret 2013

Kendari Werk

Kendari Werk merupakan salah satu kerajinan tangan asli Kota Kendari Sulawesi tenggara yang dihasilkan dari tangan-tangan kreatif para pengrajin perak. Souvenir ini memiliki kekhasan teknik pembuatan dan motif detail nan halus, yang merupakan ciri khas “Kendari Werk”. Nama ini berasal dari bahasa belanda yang artinya Karya Kendari. Dan awalnya perhiasan perak ini sering digunakan oleh  para perempuan adat untuk menghadiri acara-acara adat.

Kerajinan atau souvenir perak khas Kota Kendari ini, sudah lama masyhur, Konon karena mutunya tinggi, Kendari Werk  sanggup memikat para bangsawan-bangsawan Eropa untuk mengoleksinya.

Dari tangan-tangan terampil yang dilahirkan secara turun menurun, terciptalah aneka ragam pernak-pernik berkualitas tinggi yang memiliki ciri khas tersendiri, dimana krawang atau motifnya lebih rapat pada tiap produk asesorisnya. Dan uniknya, kerajinan ini dikerjakan secara manual tanpa menggunakan kaca pembesar atau peralatan canggih lainnya. Hasil kerajinan ini biasanya berwujud bros, anting, gelang cincin, kalung, atau perhiasan miniatur dan lain-lain.